HAI (Help, Answer, Innovate) merupakan suatu terobosan inovasi di bidang pelayanan informasi pengadilan. Aplikasi HAI ini berbasis website yang tersedia dalam bentuk live chat untuk membantu pengguna layanan mendapatkan informasi melalui komunikasi secara real time dengan petugas PTSP PTUN Surabaya, every time, every where dan tentu saja paperless dengan Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya.
Layanan MAP (Manajemen Administrasi Pengadilan) secara internal berfungsi sebagai alih media arsip perkara dari arsip konvensional (kertas) ke sistem digital, sedangkan secara eksternal bertujuan untuk memudahkan pemberian layanan informasi kepada para pihak ataupun pengguna layanan, antara lain terkait pendaftaran surat kuasa, penyerahan salinan putusan maupun pengajuan kegiatan magang.
E-Layanan merupakan layanan yang diperuntukkan sebagai absensi di Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya, dalam hal ini dibedakan menjadi 2 (dua) kategori, yaitu:
(1) Tamu Non Persidangan, yaitu tamu dengan kepentingan dalam rangka melakukan kunjungan untuk menemui Pimpinan, dan
(2) Tamu Pelayanan, yaitu tamu dengan kepentingan untuk mendapatkan layanan dari Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
aSISten digiTAL (SISTAL) merupakan pelayanan informasi pengadilan berbasis mobile yang terkoneksi dengan aplikasi whatsapp business Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya dengan fitur auto reply, yang meliputi 3 (tiga) kategori yaitu layanan perkara, layanan hukum dan layanan tata usaha.
SISTAL dilengkapi pula dengan fitur tambahan berupa notifikasi langganan untuk pengguna layanan yang ingin mengetahui jadwal sidang. Notifikasi akan dikirim H-1 sebelum pelaksanaan proses persidangan.
Layanan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) online Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan informasi pengadilan tanpa perlu datang ke kantor PTUN Surabaya, baik terkait layanan informasi pengaduan, layanan pendaftaran, layanan pembayaran maupun layanan pengambilan produk pengadilan. PTSP online dapat diakses pada www.ptsp.ptun-surabaya.go.id dan tersaji melalui 3 (tiga) media, yaitu:
(1) voice call yang tersambung dengan nomor telepon PTUN Surabaya
(2) video call dengan menggunakan media zoom meeting
(3) online chat yang terintegrasi dengan aplikasi HAI (Help, Answer, Innovate).
iRES (Informasi RESmi) merupakan sarana untuk mengakses seluruh informasi publik milik Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya yang tersedia dalam bentuk media QR Code (Quick Response Code). Pengguna layanan cukup menggunakan telepon seluler dengan cara memindai QR Code, maka secara otomatis akan langsung diarahkan pada informasi yang diinginkan.