Sabtu, 25 Mei 2024

Magang di PTUN Surabaya: Mahasiswa Fakultas Hukum UPN Veteran Jawa Timur Peroleh Ilmu dan Pengalaman Luar Biasa Untuk Bekal Masuki Dunia Kerja

Pilih Bahasa

Dosen Fakultas Hukum UPN Veteran Jawa Timur melakukan kunjungan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya. Kunjungan tersebut merupakan  tindak lanjut atas kegiatan magang yang dilaksanakan oleh 2 (dua) orang mahasiswa Fakultas Hukum UPN Veteran Jawa Timur atas nama Lia Antasiyah dan Fadila Fernanda selama 4 (empat) bulan di PTUN Surabaya terhitung mulai 17 Januari 2022 dan berakhir tepat pada 17 Mei 2022.

Bertempat di Ruang Ketua, Adhitya Widyakartika S.H., M.H. selaku dosen pembimbing magang yang didampingi Aldira Mara Ditta S.H., M.H. selaku dosen Tim Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Hukum diterima langsung oleh Ketua PTUN Surabaya, Tedi Romyadi, S.H., M.H. dengan didampingi Ach. Suaidi S.H. selaku Panitera dan Wiwied Kurniawan, S.H., M.H. selaku Panitera Muda Hukum. Agenda kunjungan tersebut yaitu penyerahan formulir penilaian mahasiswa magang MBKM periode tahun 2021/2022. Formulir penilaian ini sekaligus sebagai hasil evaluasi kegiatan magang yang dilakukan oleh kedua mahasiswa Fakultas Hukum UPN Veteran Jawa Timur.

Kegiatan magang yang telah dilaksanakan oleh kedua mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur di PTUN Surabaya sendiri telah memenuhi target program magang MBKM dari Kemendikbudristek yaitu terlaksananya pendalaman teori beracara di PTUN Surabaya dengan hakim pembimbing Andri Swasono, S.H., M.Kn. Selain itu, juga terlaksananya pengenalan praktik terkait prosedur administrasi di PTUN Surabaya, seperti pendaftaran gugatan, pengisian buku register perkara, pelayanan terhadap masyarakat di meja PTSP dan masih banyak lagi berbagai ilmu maupun pengalaman luar biasa yang diperoleh mahasiswa dimana tentu saja belum pernah didapatkan selama di bangku kuliah. Ilmu dan pengalaman tersebut sekaligus sebagai bekal nantinya untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Implementasi pembelajaran praktik kerja dilakukan dengan menjadwalkan mahasiswa untuk magang di bidang kepaniteraan maupun kesekretariatan secara bergantian selama 2 (dua) minggu sekali pada awal pelaksanaan magang sampai dengan 1 (satu) bulan sekali pada akhir pelaksanaan magang. Selain bertujuan memperdalam khasanah keilmuan dan keterampilan kerja, program magang MBKM juga bertujuan untuk menjalin kerjasama antara UPN Veteran Jawa Timur dengan PTUN Surabaya sebagai instansi magang.

Instansi Terkait

Pedoman Gugatan

Syarat Gugatan

Persyaratan pengajuan gugatan, dalam rangka tertib administrasi dan tertib pelaksanaan Persidangan pada Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya dapat di akses disini

Contoh Surat Gugatan

Untuk memudahkan masyarakat untuk mengajukan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara, maka Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya menyediakan format / contoh – contoh Surat Kuasa, surat Gugatan dan Surat Jawaban.

Jam Layanan

Jumlah Pengunjung

055193
Users This Month : 3476
Users This Year : 21710
Total Users : 55193
Views Today : 121
Views Last 30 days : 9704
Views This Month : 7586
Views This Year : 44265
Total views : 131499

Lokasi