Sabtu, 25 Mei 2024

Aplikasi E-Pelaporan (E-Lap): Langkah Digitalisasi Administrasi Pelaporan di Lingkungan Badilmiltun MA-RI

Pilih Bahasa

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (BADILMILTUN) Mahkamah Agung RI mengadakan kegiatan bimbingan teknis aplikasi E-Pelaporan (E-LAP).  Kegiatan yang diadakan selama 3 (Tiga) hari mulai tanggal 23 hingga 25 Mei 2022 tersebut dilakukan secara offline dan online. Peserta offline mengikuti kegiatan dari Hotel Manhattan Jakarta sementara peserta online mengikuti kegiatan melalui aplikasi Zoom. Peserta kegiatan kali ini terdiri dari Panitera Muda Hukum dan tim IT dari Pengadilan Tata Usaha Negara seluruh Indonesia baik tingkat Pertama maupun tingkat Banding.

Kegiatan bimbingan teknis tersebut dalam rangka untuk mewujudkan tertib administrasi pelaporan secara digital di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara. Pada hari pertama tanggal 23 Mei 2022 agenda kegiatan adalah pengenalan aplikasi E-Pelaporan (E-Lap) akan menggantikan mekanisme pengiriman laporan melalui email yang saat ini berjalan. Dengan adanya aplikasi E-Lap maka diharapkan mampu meminimalisir kesalahan data laporan yang dikirim karena akan dilakukan validasi secara berjenjang mulai dari tingkat Banding dan seterusnya. Agenda kegiatan lalu dilanjutkan pada hari kedua, 24 Mei 2022 yang membahas tentang Web Security oleh pemateri Semi Yulianto, M.IT. Beliau yang telah 25 tahun berkecimpung di dunia IT Security memaparkan apa saja hal yang bisa menjadi ancaman keamanan suatu website serta hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mengantisipasinya. Rangkaian kegiatan lalu diakhiri dengan agenda penutupan dan pengisian kuisioner mengenai layanan Peradilan pada hari terakhir.

Instansi Terkait

Pedoman Gugatan

Syarat Gugatan

Persyaratan pengajuan gugatan, dalam rangka tertib administrasi dan tertib pelaksanaan Persidangan pada Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya dapat di akses disini

Contoh Surat Gugatan

Untuk memudahkan masyarakat untuk mengajukan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara, maka Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya menyediakan format / contoh – contoh Surat Kuasa, surat Gugatan dan Surat Jawaban.

Jam Layanan

Jumlah Pengunjung

055182
Users This Month : 3465
Users This Year : 21699
Total Users : 55182
Views Today : 106
Views Last 30 days : 9689
Views This Month : 7571
Views This Year : 44250
Total views : 131484

Lokasi